jump to navigation

SINOPSIS BUKU WORKSHOP PENELITIAN TINDAKAN KELAS February 26, 2011

Posted by I Made Sujana in Classroom Action Research (CAR).
trackback

Oleh:

I Made Sujana

 

 

Buku berjudul Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada guru dan mahasiswa calon guru yang ingin mengembangkan inovasi pembelajaran mereka melalui PTK. Permasalahan yang dihadapi oleh guru dan mahasiswa calon guru selama ini dalam ber-PTK adalah bagaimana mengawali penelitian. Buku ini bermaksud menjembatani permasalahan mereka dengan memberikan tuntunan langkah-demi-langkah dalam bentuk workshop, yang diawali dengan penjelasan teori dan contoh-contoh praktis.

Buku ini terdiri dari 5 bab disertai dengan lampiran-lampiran. Setiap bab dilengkapi dengan Evaluasi Diri dan Asesmen untuk mengukur tingkat ketercapaian masing-masing bab.

BAB I  KONSEP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS, bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep awal tentang PTK sebagai bekal untuk menyusun dan melaksanakan serta melaporkan kegiatan PTK. Bab ini terdiri dari 6 bagian yaitu:

A.      Latar Belakang

B.      Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

C.      Manfaat PTK

D.     Karateristik PTK

E.      Perbedaan PTK dengan Penelitian Kelas Non-PTK

F.       Keterbatasatan PTK

EVALUASI DIRI DAN ASESMEN

 

BAB II LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN PROPOSAL. Bagian ini merupakan ‘core’ dari buku ini dimana pengguna dibimbing langkah demi langkah menyusun draft proposal dari brainstorming masalah kelas sampai pembuatan Indikator Kinerja. Ada 12 (dua belas langkah-langkah yang harus dilalui pengguna buku ini untuk dapat menyusun proposal. langkah-langkah tersebut terangkum dalam bagian-bagian berikut:

A.      Analisis dan Penetapan Masalah

B.      Menentukan Tindakan Perbaikan (Solusi)

C.      Perumusan Masalah

D.     Formulasi Judul PTK

E.      Perumusan Hipotesa Tindakan

F.       Perumusan Tujuan PTK

G.     Perumusan manfaat Hasil PTK

H.     Kajian Pustaka

I.        Rancangan Penelitian

J.        Indikator Kinerja

EVALUASI DIRI DAN ASESMEN

 

BAB III SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Bab ini memberikan gambaran sistematika secara utuh sebuah proposal PTK dari sampul sampai daftar pustaka. Setelah pengguna buku ini melakukan kegiatan langkah-demi-langkah dengan mengikuti BAB di atas, maka kegiatan selanjutnya adalah bagai mengembangkan draft tersebut menjadi sebuah proposal utuh dan sistematis. Untuk mengecek kebenaran proposal tersebut BAB ini memberikan EVALUASI DIRI dan ASESMEN berupa penilaian proposal dengan lembar kerja yang telah dicantumkan dalam lampiran.

BAB IV PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Bab ini memuat langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pelaksanaan PTK, yaitu Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Analisis dan Refleksi dan Penarikan Simpulan dan Tindak Lanjut.

BAB V PELAPORAN PTK, berisi tentang hakikat dan manfaat laporan ptk, tatatulis laporan PTK, dan sistematika laporan.

 

Buku ini dilengkapi dengan 8 lampiran yaitu:

1.      Lembar Kerja (Workshop PTK)

2.      Lembar Penilaian Proposal

3.      Lembar Penilaian Hasil Penelitian

4.      Sampel Proposal

5.      Sampel Laporan Penelitian

6.      Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran

7.      Lembar Obsevasi Keaktifan Siswa

8.      Sampel Judul-Judul Penelitian

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a comment